Notification

×

Deskripsi Gambar Deskripsi Gambar Deskripsi Gambar Deskripsi Gambar Deskripsi Gambar Deskripsi Gambar Deskripsi Gambar Deskripsi Gambar Deskripsi Gambar

Penyertaan Tuhan selalu Nyata dan Sempurna

Selasa, 06 Juli 2021 | 01.21.00 WIB Last Updated 2021-07-06T08:26:16Z

Marthina Agustina YarisetouwWisuda S1 UPH Teachers College 2021
Nama saya Marthina Agustina Yarisetouw. Saya salah satu Alumni Sekolah Kristen Makedonia (SMA). Tepatnya juga saya adalah salah satu Alumni angkatan pertama dari Papua. Kesan pertama saya saat disambut, menjalani kehidupan berasrama dan bersekolah ialah sifat kekeluargaan yang sangat hangat dan ramah, yang saya rasakan di Sekolah Kristen Makedonia Ngabang (SKM).

Hal ini tentu tidak hanya menjadi kesan pertama saya saja, tetapi dapat saya rasakan selama 3 tahun menjalani proses pembelajaran di SKM. Bersyukur adalah satu kata yang dapat saya ucapkan, karena Allah telah memberikan kesempatan kepada saya untuk merasakan kehidupan di SKM. Selama 3 tahun menjalani proses pembelajaran di SKM, banyak hal yang saya pelajari, terkhususnya di dalam kehidupan berasrama. Pertama, mengatur waktu dengan baik. Kehidupan berasrama di SKM sangatlah teratur mulai dari pagi hari hingga malam hari. Jika, saya tidak mengatur waktu saya dengan baik, maka saya sendiri yang akan kewalahan. Terpenting juga saya harus mempunyai waktu dengan Tuhan.

Kedua ialah mengatur keuangan, SKM adalah tempat pertama yang mengajarkan saya untuk belajar mengatur keuangan saya. Ketiga, saling menghargai, menghormati, dan mengasihi semua orang. Keempat ialah kejujuran. Hal terakhir yang saya dapatkan ialah takut akan Tuhan adalah kunci dari semuanya dan semua pengetahuan yang ada bersumber dari Allah.

Singkat cerita, setelah lulus tahun 2017 dari SKM, saya melanjutkan ke jenjang berikutnya di Universitas Pelita Harapan (Teachers College). UPH (TC) juga mempunyai asrama yang bernama Mission Youth for Christ (MYC). Bagi saya kehidupan berasrama di UPH tidak jauh berbeda dengan kehidupan berasrama di SKM. Namun, kehidupan berasrama di UPH memiliki lingkaran yang lebih luas lagi, karena mahasiswa/i berasal dari seluruh Indonesia bahkan dari Luar Negeri. Saya bertemu dan bahkan tinggal dengan teman-teman yang memiliki logat dan bahasa yang berbeda-beda.

Pada tahun 2020 kemarin covid-19 membuat semua mahasiswa/i harus pulang ke daerah masing-masing dan menjalankan pembelajaran online. Walapun demikian, MYC khususnya Wali Asrama tetap menjalankan tugasnya dengan sangat baik. MYC benar-benar membimbing kepada pengenalan akan Kristus yang lebih mendalam. Hal itu dapat dilihat dari ibadah setiap hari selasa pagi, setiap jumat malam, dan juga devosi bersama di kamar serta pertemuan setiap bulan yang dilaksanakan oleh Wali Asrama.

Salah satu hal yang saya pelajari selama mendapatkan didikan di asrama ialah integritas. Bagaimana saya menjaga perilaku saya dan taat dengan peraturan yang sudah ditetapkan, selama menjalani kehidupan berasrama. Melewati banyaknya suka duka mulai dari SMA (SKM) sampai kepada perkuliahan (UPH), disitulah saya melihat penyertaan Tuhan begitu sempurna bagi saya.

Melalui banyak dorongan doa dan bantuan dari orangtua, keluarga, teman-teman dan saya yakin Yayasan MIKA maupun UPH/MYC, saya dapat menyelesaikan S1 di UPH (TC) pada tanggal 26 Juni 2021. Sekian dari saya, Terimakasih. Tuhan Yesus memberkati. Marthina Agustina Yarisetouw

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update