Notification

×

Deskripsi Gambar Deskripsi Gambar Deskripsi Gambar Deskripsi Gambar Deskripsi Gambar Deskripsi Gambar Deskripsi Gambar Deskripsi Gambar Deskripsi Gambar

Pemilihan OSIS SMP Kristen Makedonia 2021-2022

Kamis, 18 November 2021 | 03.07.00 WIB Last Updated 2022-01-14T05:08:39Z


Jumat, 5 November 2021 SMP Kristen Makedonia Ngabang akhirnya mendapat kesempatan untuk bisa melaksanakan pemilihan OSIS tahun pelajaran 2021/2022. Pemilihan OSIS ini tentunya melalui beberapa tahapan, yaitu menetapkan calon ketua dan wakil, melaksanakan kampanye, dan akhirnya melaksanakan pemilu OSIS.

Penetapan calon ketua dan wakil ketua dilakukan berdasarkan diskusi bersama wali kelas VIII, yaitu bersama bapak Rianto dan bapak Alfonsus Batuah. Setelah melalui proses diskusi akhirnya ditetapkan empat pasang calon ketua dan wakil ketua OSIS yang akan maju ketahap kampanye. Adapun keempat pasang tersebut yaitu (1) Gabriel & Agnes, (2) Laetitia & Karenila, (3) Yulianus & Riva, (4) Majessy & Yoel. Keempat pasang kandidat tersebut melakukan kampanye pada tanggal 29 Oktober 2021 secara bergantian di depan semua siswa-siswi SMP Kristen Makedonia.

Satu minggu setelah itu, keempat pasang kandidat tersebut akhirnya melaju ketahap pemilihan langsung. pemilu OSIS dilakukan pada tanggal 5 November 2021 mulai pukul 08.00 – 10.00 WIB. Rangkaian acara pemilu ini dimulai dengan doa yang dipimpin oleh Ibu Anny Widyastuti. Selesai doa pembukaan, seluruh hadirin bersama-sama menyanyikan lagu Kebangsaan, yaitu Indonesia Raya. Acara pemilu OSIS pun resmi dibuka oleh kepala SMP Kristen Makedonia Ngabang, bapak John Wesly. Pemungutan suara dimulai dari empat pasang kandidat, dilanjutkan para guru dan karyawan (16 orang), dan berikutnya seluruh siswa dari kelas IX sampai kelas VII. Setiap pemilih wajib mengambil masing-masing satu kertas suara yang disediakan panita, menuju bilik pemilihan untuk mencoblos nama pasangan kandidat, memasukan kertas suara ke dalam kotak suara, dan mencelupkan jari kelingking ke dalam tinta yang disediakan panita sebagai bukti telah memilih.

Pemungutan suara putaran pertama pun selesai. Acara dilanjutkan dengan penghitungan suara langsung yang disaksikan oleh seluruh peserta. Adapun hasil penghitungan suara pada putaran pertama yaitu: (1) Gabriel & Agnes memperoleh 72 suara, (2) Laetitia & Karenila memperoleh 84 suara, (3) Yulianus & Riva memperoleh 11 suara, dan (4) Majessy & Yoel memperoleh 19 suara. Berdasarkan aturan yang telah ditetapkan maka tidak ada satupun kandidat yang memenuhi suara 50% + 1 sehingga pemilihan dilanjutkan ke putaran kedua dengan kandidat yang maju adalah dua kandidat dengan suara terbanyak.

Setelah dilakukan pemungutan suara pada putaran kedua, panitia penyelenggara pemilu OSIS kembali melakukan penghitungan suara yang disaksikan oleh seluruh peserta. Adapun hasil penghitungan suara yaitu, (1) Gabriel & Agnes memperoleh 71 suara, sedangkan (2) Laetitia & Karenila memperoleh 105 suara. Dengan demikian maka secara sah pemenang dari pemilu OSIS SMP Kristen Makedonia tahun pelajaran 2021/2022 diraih oleh pasangan Laetitia & Karenila. Septianus Imran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update